Minggu, 11 Januari 2009

-Y-Catatan Masa Lalu chp 03

Horee..!!
Masa-masa kelam MOS telah lewat!! Akhirnya aku telah menjadi anak SMA yang sesungguhnya setelah melewati MOS-SUCK itu. Selamat tinggal empengku. Selamat tinggal tasku tersayang. Selamat tinggal ZANPAKUTOU-ku yang paling perkasa(a.k.a sapulidi.red). Selamat tinggal anakku yang terbau(pas MOS selese,telor gue dah busuk). Selamat tinggal semua kegilaan ini. I’m FREE!! Ha-Ha.. Kini aku resmi menjadi anak SMA setelah memakai baju putih abu-abuku tersayang. Bukan lagi anak SD yang masih doyan ngompol en beli pentol di om-om pentol. Bukan lagi anak SMP yang doyan jatuh dari motor en masih doyan beli pentol di om-om pentol. Sekarang aku bener-bener anak SMA(walau masih doyan beli pentol). Tapi sepertinya hari-hari bahagiaku sebagai Anak Baru SMA (ABMA.red) tidak akan lama. Bayangkan saja. Baru minggu-minggu awal tugas dah numpuk. Huft.. Menyebalkan.

Tapi masa-masa awal SMA memang menyenangkan. Bayangkan aja. Guru-guru di SMA berbeda sekali dengan guru-guruku waktu SMP. Mereka memiliki spesialis-spesialis tersendiri. Ada guru yang doyan melet setelah nerangin, ada guru yang doyan ngajar pake trik-trik khusus yang ngebuat muridnya mengerti walau sedikit menyayat hati(Ma’Jleb kalo ngomong), ada lagi guru yang doyan tidur, ada pula guru yang memiliki dua satelit(tompel) yang ada di wajahnya(yang tau diem aja ya.HeHe), en banyak lagi. 

Yang paling berkesan bagiku adalah ketika diajar oleh Mr Saipul. Guru yang punya minus parah (sampe-sampe kalo membaca SMS harus melihat HP dari jarak 30cm) satu ini emank enak kalo nerangin pelajaran. Tapi emank terkadang agak pedas kalo ngomong. Apalagi kalo ada murid yang gak ngehiraukan beliau nerangkan. Aku inget beberapa kejadian yang menarik saat bapak itu mengajar. Kalo gak salah kayak gini.

“Anak-anak sekarang catat ini sebelum saya hapus”, beliau berkata sambil menyelesaikan catatan di papan tulis.

Tiba-tiba beliau berbalik dan terdiam sebentar. Kemudian beliau mengeluarkan Handphone kemudian mendatangi temenku yang bernama Nanang. Rupanya dari tadi Nanang sibuk sendiri. Lalu bapak itu menyodorkan HPnya pas di depan muka Nanang (saat itu jarak HP dengan muka Nanang hanya sekitar 5 cm) sambil bertanya.

“Nang, gak nyatet nang?”, Mr Saipul bertanya sambil membalas SMS lalu melihat buku catatan Nanang.

“Enggak Pak.He-He”, Nanang ketakutan

“Kok gak nyatet? Kalo gak nyatet nanti Bo..”, tiba-tiba Mr Saipul mendekatkan mukanya ke muka Nanag, “..Do.”

Nanang kaget dan terdiam ketakutan. Jarak muka mereka saat itu hanya sekitar 5 sm. Bayangin aja. Apa kalian gak pingsan saat tiba-tiba nongol muka buto ijo di depan muka kalian dalam jarak yang sangat dekat? Mungkin itu yang dirasakan Nanang. Cuma mungkin dia lagi beruntung aja makanya gak pingsan. Mungkin kalo aku yang dibegitukan mungkin udah pingsan. Apalagi kalo kena napas naganya. Duh.. Aku salut ma dia. Kamu hebat Nang!!

Kemudian ada lagi guru Bahasa Inggris yang bernama Mr Ahmad yang garing banget kalo ngejoke(ngelawak.red). Bayangin aja. Ketika beliau ngejoke, butuh sepuluh detik bagi murid-murid untuk mengerti apa yang dikatakan beliau. Alhasil murid-murid selalu telat ketawanya. Gak percaya? Teori ini udah dibuktikan kok. Pas bapaknya ngejoke, ada seorang temen yang merekamnya dengan HP. Setelah pelajaran usai, anak-anak melihat hasil rekaman tersebut. Terbukti! Butuh sepuluh detik untuk mengerti lawakannya Mr Ahmad.

Lalu ada guru PPKN yang cempreng banget suaranya. Apalagi saat mengucapkan kata “Kaaaalaaaa-uuu”. Sangat memekakkan telinga. Bahkan pas beliau menjadi pembina upacara, semua guru menahan tawa ketika beliau mengucapkan kata “Kaaalaaa-uuu”. Tapi aku tetep aja heran. Hebatnya guru satu ini tetep bisa bikin aku en temen-temen satu kelas terhipnotis lalu tertidur kalo lagi mendongeng(menjelaskan pelajaran). HOOAAAEEMM...

Kemudian ada lagi guru Fisika yang namanya Bu Dina. Memang guru ini cukup cantik dibanding guru-guru laen sesusianya. Tapi aku heran, mengapa bisa ada dua satelit(tompel) di wajahnya yang begitu simetris? Apa tompel itu istimewa? Ya. Semua pertanyaanku terjawab. Terbukti saat beliau menulis catatan di papan tulis. Kalo tidak salah saat itu aku sedang bertanya pada Lukman karena tulisannya tidak jelas.

“Man, itu tulisannya apa? Aku gak keliatan”, aku bertanya sambil melihat Lukman

“Yang mana?”, Lukman melihat ke papan tulis lalu balik bertanya

“Yang di papan tengah”, jawabku

“Yang mana?”, Lukman bertanya lagi

“Yang di papan tengah”, jawabku lagi

“Yang mana sih? Yang jelas dikit nape?”, tanyanya lagi

“Ah kamu ini. Masa gak liat sih?? Itu loh yang si teng..”, aku terdiam

Aku bener-bener terkesima. Papan tulis itu dah penuh semua. Tadinya aku cuma liat 3 baris di papan tengah, sekarang?? Papan tulis bener-bener penuh. Ajaib. Apakah tompel itu memberinya tenaga begitu besar?? Apakah tompel itu sejenis power charge? Ato itu segel dari hokage ke-4 untuk menyegel siluman rubah yang suatu saat dapat memberinya kekuatan? Entahlah. Tapi sepertinya tompel itu begitu memberi pengaruh pada dirinya. 

Walau begitu aku masih berusaha melupakan Milie. Susah sekali menghilangkan rasa cinta di hati ini dan menggantinya dengan rasa persahabatan. Apa aku akan putus asa disini? Tidak! Aku masih bisa melanjutkan hidup ini tanpa dirinya. Aku berjanji pada diriku sendiri untuk melupakannya. Aku coba mengikuti berbagai macam Ekstrakurikuler(Eskul.red) agar aku tak sedikitpun memikirkannya lagi. Benar saja. Perlahan tapi pasti bayangan Milie mulai tersamarkan dalam pikiranku. Walau tidak bisa sepenuhnya, tapi ini lebih baik. Aku mulai bisa menjalani hidupku di masa awal SMA lebih baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar