Kamis, 12 Maret 2009

CHP 8-Bloody Balikpapan

Bloody Balikpapan..
 
Yah,, setidaknya aku bisa ngelupakan masalahku sejenak. Aku sudah tidak terlalu memikirkan navra lagi. Aku ngerasa percuma aja berharap banyak tapi dia sedikitpun gak meresponku. Malah aku yang bakal tersakiti terus. Aku tau yang ku butuhkan itu adalah teman. Yah teman-teman bercanda en bekerja. Aku merasakannya di eskul jurnal ini. 
Beberapa minggu telah berlalu sejak aku masuk eskul jurnal. Tiba-tiba ada pemberitahuan bahwa seluruh anggota eskul Jurnal akan melakukan studi tour ke Balikpapan dalam rangka pengenalan dunia jurnalistik kepada para anggota baru yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan koran ternama di kalimantan. Rencananya kami semua akan berada di balikpapan selama dua hari satu malam dengan menggunakan transportasi darat yang rencananya menggunakan Bus. 
Dua hari satu malam?? Naek BUS?? BUSET!! Yang bener aja?! Ane kan mabuk darat!! Waduh.. Bisa mati dehidrasi tar gue. Astaghfirullah.. Tapi ya apa boleh buat. Demi gengsi juga neh.. Kalo gak demi gengsi, aku gak bakal mau keluar kota naek mobil apalagi bus. Pernah dulu mpe dua hari mual-mualnya kagak ilang-ilang saking K.O-nya ane. Itu pun naek mobil. Kalo naek Bus gimana?? Apa gak tambah kacau tar?? Betapa malunya tar kalo mabok en muntah dengan suara yang keras. Apa semua perhatian penumpang kagak tertuju padaku?? Malu euy..
Yah,, apa boleh buat. Demi gengsi akhirnya aku harus tetep ikut. Tapi aku gak cuma bermodal nekat aje kok. Selaen nekat, aku juga bermodal pengalaman-pengalaman yang aku pelajari selama aku mabok. 

First..
Jangan baca buku waktu perjalanan.

Second..
Duduk di depan.

Third..
Jangan liat-liat ke belakang.

Fourth..
Jangan minum susu sebelum berangkat cuz tar kalo dimuntahin baunya OMAIGOD!!

Fifth..
Bawa kresek secukupnya.

Sixth..
Bawa permen kecut cuz teorinya permen kecut bisa ngurangi rasa mual(teori bkinan sendiri).

Well.. Semua udah aku siapin en tinggal mempersiapkan diri untuk mengahadapi perjalanan Samarinda-Bontang yang mengerikan. Bayangkan saja, Jalannya tidak selalu datar seperti di jawa, naik-turun bukit, belokan tajam, banyak truck en bus yang gila-gilaan kalo nyetir, ada jalanan berlubang, de-el-el. Huft.. ini baru Bontang menuju Samarinda. Lalu kalo dari Bontang ke Balikpapan?? HOLYF*CK!! Dua kali lipatnya!! 

Akhirnya hari-nya tiba. Semua sudah aku persiapkan dengan matang. Tapi entah kenapa wajahku sangat pucat pada hari itu. Sialnya gak banyak orang yang meliat betapa pucatnya wajahku. Seandainya banyak, mungkin mereka menyuruhku untuk tidak ikut. Sial.. Apa boleh buat. Aku hanya bisa Deg-Degan menunggu bus yang mengantar kami datang. Aku sempet berharap supaya busnya mogok atau apalah biar gak jadi. Tapi nasib buruk tetep menimpaku. Bus yang gak pengen kulihat pun datang. OW SH*T!! 
Untung aja aku gak sendirian karena masih ada temen-temenku. Tapi karena mereka tau aku mabuk darat, mereka gak mau duduk bareng. Sial.. Terpaksa aku cari tempat duduk terpisah dari mereka. HELL WAIT.. tapi tentu aja gak bareng Antin. Ogah banget ma dia. Pokonya harus cari tempat duduk di bagian depan en gak pake Antin!! Kanan-kiri-kiri-kanan. Semuanya udah terisi. Wah, apa aku harus pasrah di bagian belakang?? Haduh.. Habis aja kalo duduk di belakang. Untunglah di bagian tengah masih ada tempat duduk kosong. Aku langsung aja duduk tanpa permisi. Setelah menaruh tas, aku sadar kalo yang duduk di sebelahku adalah Setia, temen Sd-ku. Tapi dia sekarang kakak kelasku. Yah namanya aja anak pinter. Dia ikut program akselerasi. Yah semacam program lompat kelas gitu. Aku pikir dia udah lupa ma aku. Ternyata dia masih inget. Untunglah. Setidaknya masih ada temen ngobrol sepanjang perjalanan.

Bus pun berangkat jam dua siang dari sekolahku. Huweehh,, cuaca saat itu bener-bener panas. Apalagi bus yang dipakai hanya memakai AC(Angin Cendela). Lengkap sudah penderitaanku. Selain menahan mual, aku juga harus menahan panas. Baru saja melewati batas kota, aku sudah mulai mual. Haduh,, jangan sampe baru disini aku udah muntah. Anjrit!! Aku harus bisa bertahan!! Tapi tetep saja aku tidak mampu. Selesai sudah. Akhirnya selama perjalanan, aku hanya bisa terkapar bersimbah kresek. Aku K.O. Lima jam perjalanan, aku hanya bisa terduduk lemas. Belum lagi kakak kelas yang mengusiliku sambil memperagakan orang muntah. Anjrit!! SIALAN!! Apa mereka tidak kasian padaku yang hampir mati kering en dehidrasi?? Sialan!! Tapi syukurlah masih ada yang peduli padaku. Masih ada yang mau memberiku pertolongan ketika aku bener-bener butuh. Alhamdulillah. Awalnya aku pikir hanya aku saja yang terkapar. Tapi setelah aku melihat sekitarku, ternyata bukan aku saja. Ternyata si Antin juga tidak tahan perjalanan darat. Syukurlah(Loh??).. Ya aku juga maklum juga sih. Apalagi dia kan pendatang, jadi kurang terlatih dengan medan yang ada. Eh, tunggu dulu! Berarti aku lemot sekali donk?? Masa udah bertahun-tahun di kalimantan tapi tetep aja gak bisa menguasai medan. Payah.. Aku pikir si Antin duduk bareng Nowo. Tapi ternyata? WHAT THE?! Bukan Nowo?? Terus siapa lagi yang jadi korbannya?? Memang sekilas mirip Nowo. Tapi kok lebih besar en tinggi?? Aku langsung melihat sekelilingku dan dugaanku terbukti. Nowo duduk di bagian belakang bus. Jelas yang duduk bersama Antin itu bukan Nowo!! Lalu siapa?? Mirip sih iya. Masa kakaknya nowo?? Udahlah entar aja membuktikannya. Lebih baik aku fokus ke depan aja. Pandangan lurus ke depan. Jangan toleh-toleh biar gak tambah mual. Huweekk...

Akhirnya sampai juga di Balikpapan yang dikenal sebagai kota minyak karena di tempat ini terdapat sebuah pabrik yang mengolah minyak bumi yang sangat terkenal di Indonesia. Untunglah aku masih bisa sedikit bergerak setelah lima jam perjalanan melawan mual dan pusing. Huft.. Kira-kira kami sampai di Balikpapan sekitar jam sembilan malam. Itu pun kami langsung menuju perusahaan koran tempat kami akan melakukan Study Tour. WHAT THE?? Duh.. Apa aku masih mampu berjalan? Sedangkan keadaanku bener-bener kritis. Wajah bener-bener pucat. Pucat nyaris seperti mayat. Tapi apa boleh buat. Gengsi yang udah ancur ini jangan sampe aku ancurin lagi. Untung aja Setia gak seberapa mempedulikan suaraku yang “membahagiakan” itu. Jadi aku tidak terlalu mengganggunya. Untunglah. Tapi sekarang aku bener-bener lemes. Aku pingin tidur! Aku pingin di rumah saja! Aku ingin pulang!! 

Bus pun berhenti. Aku sadar kalo kami sudah tiba di tujuan. Tapi aku sudah tidak sanggup bergerak. Aku bener-bener lemes. Walau begitu, aku juga tidak boleh terlihat lemot seperti ini!! Aku harus terlihat kuat!! Aku hanya bisa melihat temen-temen yang lain turun dengan ceria seperti tidak terjadi apa-apa pada mereka. Yah, walaupun terlihat sedikit kelelahan di wajah mereka. Setia pun udah turun dari bus. Aku masih berat banget ninggalin tempat dudukku. Tiba-tiba seseorang menghampiriku. Aku pikir Lukman.

“Dek, kok gak turun??”,tanyanya

Heh?? Kok suara cewek? Aku langsung menoleh ke arahnya. Hei! Aku gak kenal ma dia. Mungkin dia kakak kelasku. Tapi tetep aja aku gak bisa ngomong apa-apa. Lemes banget..

“Jadi yang dari tadi muntah-muntah itu kamu ya? Masih lemes ya?”

Heh?? Aduh. Malunya aku. Sampe-sampe mbaknya tau kalo aku yang muntah-muntah sepanjang perjalanan.

“I..Iya mbak”, jawabku seadanya sambil sedikit tersenyum malu

“Tenang aja dek. Aku juga muntah-muntah kok dari tadi. Jangan malu-malu ma aku. He..He”, lanjutnya lagi.

HELL WHAT?? Aku pikir Cuma aku en Antin aja yang muntah-muntah. Ternyata mbaknya juga. He,,syukurlah setidaknya ada temen. He.. He..

”I..Iya mbak”, jawabku lagi

“Ya udah. Ayo turun sekarang. Tinggal kita aja yang belum turun.”, 

“Iya mbak.”

Akhirnya kami turun dari bus berdua. Setelah persiapan sebentar, aku dan rombongan JURNAL SMA YPK pun masuk ke dalam pabrik koran tersebut. Di dalamnya kami diperlihatkan bagaimana proses pembuatan koran mulai dari peliputan hingga mencetak dan memasarkan koran. Semua anak memperhatikan dengan seksama kecuali aku. Entah kenapa dari tadi perhatianku hanya tertuju pada kakak kelas yang menyapaku tadi. Yah,, aku akui dia cukup menarik perhatianku. Manis,ramah, childish, manja, yah walaupun berkulit gelap sepertiku juga sih. Selama mengelilingi perusahaan koran itu, aku selalu berusaha ndeketin mbaknya. Ya emank gak gampang sih. Apalagi dia selalu bersama temen-temennya. Tapi itu tidak membuatku menyerah. 

Waktu berkunjung pun usai. Kami segera meninggalkan perusahaan tersebut untuk beristirahat di tempat yang disediakan. Aku pikir sekali lagi aku bisa melihat mbak yang tadi menyapaku. Ternyata.. OMAIGODSIT!! Ternyata tempatnya jauh terpisah. Kami para lelaki dibawa menuju rumah seorang guru yang terletak jauh di pinggir kota. Sedangkan para wanita(bukan waria) tidak tau dibawa kemana. Yang jelas terpisah jauh dengan para lelaki. Yah,, biarlah. Mungkin bukan takdirku buat mendekatinya. Ya udahlah lebih baik aku segera beristirahat agar besok tidak K.O lagi. Semangat!!

Ternyata takdir berkata lain. Aku malah lebih K.O waktu pulang daripada waktu berangkat. DODOL...

1 komentar:

  1. buaaahahahahahahha!!
    ternyata kmu MABOK DARAT..!!
    hadu2..

    ampe parah gitu??
    ternyata,,ternyata,,ternyata,,ternyata...

    XP

    BalasHapus